Senin, 15 Oktober 2012

Motor Buat Touring







Motor Buat Touring

Sudah lama saya nyidam pengin ganti motor :( , memang si saya udah punya si mega, yang selama ini menemani melanglang buana ke saentero jawa dan luar jawa :D . Yang sedikit mengganjal adalah based on fact mesin si mega sekarang udah berumur .terasa kurang bertenaga dengan gaya riding saya yang cenderung speed touring ( seneng manjer di 90 -100 kpj ),nggak perlu top speed kenceng yang penting enak buat nyalip bis dan lancar di tanjakan, saat mesin mega sudah panas tenaga terasa sedikit ngedrop,  konsumsi bensin yang hanya 33- 35 km/l (padahal dulu 1:40 ) membuat kantong saya sedikit kedodoran, singkat kata saya butuh motor yang lebih irit dan bertenaga :D .
sebetulnya si Pengin stroke up pake bandul tiger, tenaga dapet plus bensin jadi lebih irit, tapi jika kembali ke dana kok sepertinya habis banyak ya :(
Banyak motor yang berseliweran di kepala saya, Thunder, Tiger, TVS Apache, New Mega Pro, Pulsar 180 & 220, vixion , kebetulan semuanya pernah saya coba jarak jauh, oke deh mari kita bahas satu – satu mana yang sesuai buat touring, siapa tahu bisa menjadi pertimbangan juga bagi anda
Thunder 125
Jujur saja produk suzuki ini termasuk bandel dan irit, dengan body segedhe itu handling terasa sangat stabil, harganya pun cukup murah :D ,sayang seribu sayang mesinnya yang hanya 125 cc terasa kurang bertenaga, bahkan uutk bertarung  dengan bebek honda , seandainya bore up atau stroke up pun agak rumit dan saya sangsi dengan durabilitas suzuki ketika spek tidak standar
Vixion
Tercatat 2 kali saya touring jarak jauh menggunakan motor ini yaitu jogja – baturaden PP, dan Jogja – bandung – Kawah Putih PP, vixion emang irit pol ,  bertenaga di puataran atas, tapi entah kenapa saya kurang suka dengan tarikannya lagipula vixion harus menarik gas lebih dalem buat mencapai tenaga, jadi nggak begitu nyaman.vixion kurang enak di putaran bawah, sedangkan karakter saya suka torsi bawah buat nyalip bus dan melahap tanjakan ekstrim. kurang cocok apalgi saya sering menerjang daerah pedalaman, tapi kalo buat jalan aspal boleh la vixion masuk hitungan, tentunya dengan sedikit pembesaran kaki – kaki, dan perbaikan posisi setang .

Tiger dan New Mega Pro
sudah tak diragukan lagi keperkasaan duo cruiser honda ini,sebenernya  cocok si sama saya baik dari segi tenaga maupun torsi, tiger pun saya rasa sangat stabil handlingnya,yang menjadi masalah adalah kualitas motor honda  sekarang, sering agak rewel setalah berumur satu tahun, lagipula saya kapok dengan penyakit bawaan honda seperti SPARE PART ori MAHAL, BOROS KAMRAT, DAN TANGKI BOCOR honda terlalu overprice buat saya :( . hampir semua kasus tersebut saya alami di mega intinya saya kapok beli motor batangan Honda sampai ada perbaikan kualitas ( rasa – rasanya mustahil:evil: ‘)
TVS Apache
saya belum pernah nyoba si, tapi dilihat sekilas motor ini terlihat sangat berkualitas dengan harga murah ( tapi bukan murahan ), value for money nya bagus, ulasan test ride dari blogger dalam dan luar negeri cukup memberi gambaran saya betapa bertenaganya motor ini, handling stabil dan konsumsi BBM yang irit , tvs merupakan salah satu incaran saya apalagi yang 180 cc :D .
yang menjadi maslah ya cuman ketersediaan spare part :twisted:
Bajaj Pulsar 180/220
Sejak pertama kali muncul motor ini sudh menarik perhatian saya, dengan harga yang terjangkau tapi fitur seabrek, seakan menjadi oasis bagi yang haus motor berkualitas, durabilitas gimana ? nggak usah ragu banyak yang udah membuktikan, masalah pulsar si ada tapi masih saya maklumi kan merk baru hehe, toh sebenernya mopang pun nggak kalah bermasalah . walau dalam beberapa sisi motor ini masih akalh dari mopang, seperti dari finishing dan elektrikan yang kadang trouble.
Kaki – kaki yang gedhe menjamin stabilitas ketika melewati jalan keriting dan berlubang.
saya 2 kali turing menggunakan motor , pertama jalur Jogja – malang – sendangbiru pp, dan hanya 2 kata yang pantas yaitu irit dan bertenaga, bayangin aja jogja – Sendangbiru PP cuman habis 100 rb, itu aja tak bawa full speed dengan full load ( boncenger, carier, plus tankbag ), ketika sudah panas pun tidak ada gejala ngedrop. Pulsar emang irit dan bertenaga .
singkat kata Pulsar dan apache  telah menghipnotis hati saya , produk india memang pantas dilirik , kalo ada rejeki bolehlah mengisi garasi :D
Saya bukan fansboy bajaj/tvs, saya juga bukan anti honda,  tulisan ini berdasar pengalaman saya saja, yupz pembaca doakan saja saya bisa meminang si bajaj D, ato barangkali ada yang mau tukeran PIBO/PZOO/PZZO dengan si mega juga nggak papa
Manusia memang nggak ada puasnya,tapi kita harus realistis, pengin punya motor baru ( walau second ), tapi dana nggak mencukupi, selain itu dana yang ada sekarang lebih baik buat yang lebih penting aja dulu ( skripsi n kkn ), jadi sepertinya saya harus bersabar ganti motor sampai bisa mencari rezeki sendiri :D

0 komentar:

Posting Komentar